Anda Ingin, Anda Yakin, maka Itu MUNGKIN...

Thursday 29 March 2012

Sisi Lain Pak BeYe



Judul Buku      : Pak Beye dan Istananya
Penulis             : Wisnu Nugroho
Penerbit           : Kompas
Cetakan           : I, Juli 2010
Tebal               : 256 halaman

Segala sesuatu tentang Istana dan Presiden, selalu tampak sempurna. Baik dalam live TV maupun acara-acara yang digelar di Istana. Segala berita tentang Istana dan Presiden selalu menarik untuk di simak.

Pak BeYe dan Istananya adalah salah satu buku dari tetralogi tulisan Wisnu Nugroho yang mengungkapkan sisi lain kehidupan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Buku ini memceritakan hal-hal tidak penting tentang Pak BeYe dan segala sesuatu yang terjadi di kompleks istana kepresidenan. Sesuatu yang sifatnya tidak mendesak, tetapi menarik untuk disimak.

Tulisan-tulisan yang merupakan postingan di blog Kompasiana ini menunjukkan kecermatan Wisnu Nugroho. Dari parkir Istana yang menjadi showroom mobil saat rapat kabinet sampai acara pindahan Pak Beye ke Istana yang menyibukkan beberapa petugas dengan kasur King sizenya yang cukup merepotkan untuk dimasukkan lewat pintu Istana. Hal-hal kecil seperti itu diceritakan dengan menarik oleh Wisnu Nugroho.

Namun satu hal yang kurang dari buku ini adalah sering terulangnya cerita yang disajikan. Mungkin karena awalnya adalah postingan dari blog, sehingga dalam satu cerita harus mengulang sedikit cerita yang sebelumnya diposting agar pembaca paham, jadi agak aneh bila sudah menjadi buku.
Walau begitu, secara umum buku ini menarik untuk dibaca. Kehidupan Istana yang selalu terlihat sempurna dikupas secara halus dan menjadi “story behind the scene”.

No comments:

Post a Comment